Alhamdulillah, Kabar Baik Khusus Untuk Jamaah Umrah Indonesia Terkait Batasan Usia dari Otoritas Arab Saudi

 


Regulasi terbaru Otoritas Arab Saudi terkait Umrah yakni pembatasan usia.

Dimana jika sebelumnya usia jamaah umrah dibatasi dari 18 sampai 50 tahun, saat ini pembatasan dari usia 18 sampai 60 tahun.

Kebijakan batasan usia tersebut keluar pada Jumat 22 Januari 2021.

Ketua DPD Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Barat (Jabar), Bisma Banyu Setia mengapresiasi kebijakan tersebut. Sebab hal ini yang ditunggu-tunggu masyatakat Indonesia.

"Saudi membuka kembali umrah dengan pembatasan usia lebih longgar. Jika pada November sampai kemarin di usia 18 sampai 50 tahun, sekarang bisa sampai 60 tahun," kata Bisma saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Sabtu 23 Januari 2021.

Menurutnya, regulasi baru tersebut disambut baik oleh Kemenag, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), dan asosiasi travel karena bisa membangkitkan kembali perjalanan umrah yang hampir 70% jamaah berusia di atas 50 tahun.

Pada November sampai awal Januari kemarin, jamaah yang sudah berangkat hanya sekitar 1.000 orang.

Hal itu tidak terlepas dari pembatasan usia sebelumnya yang diterapkan dari 18 sampai 50 tahun.

Jumlah pemberangkatan jamaah ini turun drastis dari kondisi normal yang bisa memberangkatkan 7.000 jamaah per hari.

"Tak hanya soal usia, ketatnya regulasi di Saudi bagi perjalanan umrah dari luar negeri juga jadi penyebabnya," katanya seperti dilansirkan prfmnews.id dalam artikelnya "Kabar Baik! Pembatasan Usia Jamaah Umrah Jadi 18 - 60 Tahun, Amphuri Jabar Beri Apresiasi Saudi".

Kemenag sendiri lanjut Bisma terus memberi masukan kepada otoritas Saudi Arabia agar tidak ada pembatasan usai jamaah umrah Indonesia.

Selain karena masih banyaknya jamaah yang tertunda dari Maret 2020, masyarakat lain yang ingin berangkat umrah juga sangat antusias.

"Yang daftar (umrah) luar biasa masih tinggi, dengan adanya kebijakan sekarang dari Saudi yang membuka usia sampai 60 tahun, ini jadi kabar baik untuk segera berbondong-bondong menunaikan umrah," tandasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel