Kabar Duka, Guru Mulia Ulama Kharismatik Senior Wafat, Buya Yahya: Kaum Muslimin dan Muslimat, Mohon Doanya


 Ulama kharismatik Cirebon, Indonesia, Yahya Zainul Ma'arif yang akrab disapa Buya Yahya menyampaikan kabar duka wafatnya Guru Mulia Ulama Senior Al-Azhar, Kairo Mesir.

Prof. Dr. Syaikh Ahmad Ali Thoha Royyan dikabarkan meninggal dunia, ia murupakan salah seorang anggota Dewan Ulama Senior Al-Azhar, Kairo.

Kabar duka meninggalnya Syaikh Ahmad Ali Thoha Royyan disampaikan Buya Yahya yang merupakan Pimpinan Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, Cirebon, Jawa Barat.

Buya Yahya menyampaikan kabar tersebut melalui akun Instagramnya pada Rabu, 17 Februari 2021.

“Kaum Muslimin dan Muslimat, mohon doanya telah meninggal dunia hari ini, Rabu, 5 Rajab 1442 H / 17 Februari 2021, Guru Mulia, As-Syaikh Dr. Ahmad Ali Thoha Royyan” tulis Buya Yahya seperti dikutip mantrasukabumi.com dari unggahan akun Instagram @buyayahya_albahjah pada Kamis, 18 Februari 2021.

Doa pun dipanjatkan Buya Yahya Al-Bahjah pada Prof. Dr. Syaikh Ahmad Ali Thoha Royyan, gurunya tersebut yang wafat di Mesir.

Halaman:

Editor: Encep Faiz

“Semoga Allah SWT mengampuninya, meluaskan dan menerangi kuburnya, merahmatinya dan mengangkatnya ke derajat yang tinggi bersama para syuhada, para shalihin, para Nabi dan Baginda Rasulullah SAW. Aamiin..,” kata Buya Yahya mendoakan.

Selain Buya Yahya, kabar wafatnya Syaikh Ahmad Ali Thoha Royyan ditulis juga dalam akun @azizialazhary, dengan pemilik akun Ahmad Azizi. Beliau terlihat sangat dekat dengan mahasiswa Al-Azhar asal Indonesia.

Salah satunya Ahmad Azizi yang membagikan kenangannya bersama Syaikh Ahmad Ali Thoha Royyan saat di Mesir.

Dilansir mantrasukabumi.com dari simpul.in, Syaikh Ahmad Ali Thoha Royyan adalah guru besar di bidang fiqh perbandingan mazhab Universitas Al-Azhar Kairo.

Syaikh Ahmad Ali Thoha Royyan juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah wal Qanun di Universitas Al-Azhar cabang Provinsi Asyuth, dan ketua Prodi Fiqh Muqarin di Universitas Al-Azhar Kairo.

Selain di Al-Azhar, beliau beberapa kali diberikan jabatan prestigius di luar Mesir, seperti: Dekan Fakultas Syariah dan Dirasat Islamiyah Universitas Al-Ahwaf di Yaman, wakil Dekan Fakultas Syariah wal Qanun Universitas Inam Malik di Dubai, dan lain sebagainya.

Beliau sering diundang ke banyak negara untuk mengajar atau sekedar memberikan kuliah umum. Terhitung beliau pernah ke Saudi, Yordania, Uni Emirat Arab, Yaman, Denmark, Britania, Uzbekistan, Bangladesh, dan Amerika Serikat. ***

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel