Parah! Sopir Truk Kena Pungli hingga Rp1 Juta di Bandung, Pelakunya Termasuk Oknum Polisi

 

Seorang sopir kontainer dari Jakarta membeberkan dugaan pungutan liar (pungli) yang terjadi di Pasar Caringi, Kota Bandung, Jawa Barat. Pria tersebut dikutip pungutan liar hingga hampir mencapai Rp1 juta oleh sejumlah oknum.

Sopir truk bernama Angga Dinata itu menceritakan, untuk masuk ke pasar tersebut, para sopir harus melalui beberapa portal dan membayar kepada petugas portal.

Yang dikeluhkan Angga adalah jarak setiap portal yang hanya beberapa meter saja. Uang yang diminta pun beragam, mulai dari Rp 200 hingga Rp400 ribuan.

"Saya masuk pintu masuk pertama pasar induk Caringin di pinta uang parkir 400Ratus 15rb. Pintu masuk kedua di pinta lagi Rp270rb," tulis Angga yang diunggah kembali oleh akun Instagram @andreli48 yang dilihat Indozone, Minggu (15/8/2021).

 Tidak sampai di situ saja, Angga juga mengaku dipungli oleh oknum polisi saat ia melakukan aktivitas bongkar barang. Polisi tersebut meminta yang sebesar Rp100 ribu.

Semula Angga tidak ingin memberikan uangnya hingga terjadi adu mulut. Namun, Surat Tanda Nomor kendaraan (STNK) truknya akan ditahan jika ia tidak memberi uang.

"Mau gak mau saya laporan ama yg punya toko. Di kasih lah 100rb itu," tulis Angga.

Saat Angga hendak meninggalkan pasar, giliran satpam pasar yang meminta uang padanya sebesar Rp50 ribu. Sehingga secara keseluruhan, ia mengeluarkan uang hampir Rp1 juta hanya untuk membayar pungli.

Angga hanya menginginkan keadilan karena ia tidak bisa meminta uang yang telah ia keluarkan kepada perusahaan.

"Tolong Pak Ridwan Kamil ZA di usut masalah ini pak. Bukan saya saja yg kena yg laen juga kena. Saya mewakili supir supir laen pak yg masuk pasar itu," tulis Angga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel